Saturday, November 15, 2008

Belajar Visual Foxpro 6.0 Part 2

Menggunakan Instruksi Dasar Pengoperasian Table

Perintah:
  • GOTO number_record
Berguna untuk pindah ke record / baris data pada tabel yang diinginkan.
Contoh Penggunaan:
GOTO 2
yang berarti pindah record ke 2
Perhatikan pada gambar diatas, perintah GOTO 2 menjadikan pointer (panah pada sebelah kiri data) menunjukkan baris ke 2 pada tabel.

  • DELETE
Berguna untuk menandai record untuk dihapus. Pada dasarnya perintah DELETE ini tidak benar-benar menghapus data/record. Record hanya diberi tanda saja, dan bisa saja tidak ditampilkan (seolah-olah terhapus) dengan perintah SET DELETE ON dan apabila ingin menampilkan record tersebut kembali maka gunakan perintah SET DELETE OFF.
Perhatikan pada bagian gambar yang dilingkari merah dibawah. Dengan Perintah :
delete record 2 maka pada tambilan data pada record ke 2 hanya di tandai hitam saja pada sebelah kiri data. Dan apabila SET DELETE ON digunakan maka:
Perhatiakan data pada 10002 sudah tidak ada, namun apabila kita gunakan SET DELETE OFF maka, data akan kembali diperlihatkan.

  • RECALL
Perintah RECALL berguna untuk menghilangkan tanda record yang telah dihapus dari perintah DELETE. Contoh penggunaan. RECALL RECORD 2. yang berarti menghilangkan tanda hitam (tanda record telah dihapus) pada record 2 pada table tersebut. Atau RECALL ALL untuk menghilangkan semua tanda hitam (record yang sudah di gunakan perintah delete) pada table.
  • PACK
Pack berguna untuk menghapus permanen record yang telah ditandai dengan
menggunakan perintah DELETE. Contoh, pada gambar diatas pada kdbrng 10002 dengan nmbrng SAPU telah ditandai blok hitam, maka bila menggunakan perintah PACK maka data 10002 akan dihapus dari tabel.

  • REPLACE
Perintah REPLACE berguna untuk menggantikan isi data berdasarkan posisi dan nama field yang akan diganti. Contoh:
data sebelumnya:
Dan gunakan perintah sbb:

GOTO 2 &&<-------- maksudnya yaitu pindah baris ke 2 dari isi table REPLACE kdbrg WITH 10004 &&<<-----maksudnya ganti isi pada field kdbrg dengan nilai 10004 REPLACE nmbrg WITH "SIKAT" &&<<--- maksudnya ganti isi pada field nmbrg dengan nilai "SIKAT" ...................... dan seterusnya................... perhatikan pada kdbrg dan nmbrg. Pada kode barang untuk nilai 10004 tidak menggunakan petik dua (") karena tipe data kdbrg adalah numeric, sedangkan pada nmbrg tipe data adalah character, sehingga membutuhkan tanda petika untuk awal dan akhir nilai tersebut. seperti penulisan "SIKAT" diatas.

Bisa saja dengan mengkombinasikan perintah APPEND dan REPLACE untuk menambah data baru. Contoh:

Maka hasilnya adalah:
Diatas adalah contoh penggunaan perintah REPLACE dengan APPEND BLANK.
Dimana perintah APPEND BLANK adalah untuk menambahkan record baru pada table dengan data yang kosong dan arah pointer berada pada record baru tersebut, sehingga apabila ditambahkan penggunaan perintah REPLACE tentunya akan mengganti nilai kosong pada field yang dituju dengan nilai yang diinginkan seperti contoh:
REPLACE kdbrg WITH 10005
dimana menggantikan isi dari field kdbrg dengan nilai 10005 pada record tersebut.

  • SKIP beda_posisi_pindah
Perintah SKIP berguna untuk pindah ke record selanjutnya ataupun sebelumnya dari record tekini. Contoh: Bila posisi pointer pada table berada pada posisi record ke 2 dari 10 record maka bila menggunakan perintah SKIP 1 maka pointer record akan pindah ke pointer record ke 3, dan setelah itu apabila menggunakan perintah SKIP 5 tentu akan pindah ke 5 record selanjutnya, yaitu dari record ke 3 pindah ke record 5 selanjutnya yaitu pindah record ke 8. Bisa saja bila menggunakan perintah SKIP -2 maka akan pindah 2 record sebelumnya. Yaitu bila berada pada posisi record ke 8 dan menggunakan perintah SKIP -2 maka akan pindah 2 record sebelumnya yaitu pindah ke record 6.

  • SET FILTER TO [expression]
Berguna untuk melihat record-record yang diinginkan saja / sesuai dengan keadaan. Misal: tampilkan seluruh barang di tabel barang yang memiliki harga diatas 5 juta.
maka perintahnya:
SET FILTER TO brg_hrg > 5000000

*brg_hrg adalah nama field pada table barang yang menyimpan informasi harga barang.

Tampilkan barang yang memiliki kode "P0001". Maka perintah nya adalah
SET FILTER TO brg_kd = "P0001"

Untuk mengembalikan ke semula (menampilkan seluruh record tanpa kriteria) maka perintahnya:
SET FILTER TO